attribution

Penyusun Benda Dan Kegunaanya


Bahan Penyusun Benda dan Kegunaannya. Di sekitar kita terdapat berbagai macam benda. Setiap benda mempunyai kegunaan. Di sekolahmu, pasti juga terdapat berbagai macam benda. Benda-benda tersebut dibuat dari bahan yang disesuaikan dengan kegunaannya. Sifat-sifat benda yang biasanya dipertimbangkan, antara lain, kekuatan menahan beban, daya serap terhadap air, daya serap terhadap panas dan listrik, kelenturan, berat dan ringan, mudah dan sukarnya proses pembuatan, sampai keawetan. Berbagai jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat benda, antara lain, plastik, kayu, kaca, dan kertas. 

Benda dari Plastik
Plastik banyak digunakan untuk membuat berbagai benda. Benda-benda di sekolahmu yang terbuat dari plastik misalnya tempat sampah dan penggaris. Di kamar mandi sekolahmu juga ada gayung dan ember. Gayung dan ember terbuat dari plastik. Keranjang sampah merupakan tempat untuk membuang sampah. Penggaris untuk menggaris. Gayung untuk mengambil air. Sementara itu, ember sebagai tempat air. Plastik merupakan bahan yang memiliki berbagai sifat. Sifat-sifat plastik yaitu tidak mudah pecah, ringan, dan kedap air. Benda yang terbuat dari plastik juga lebih awet. Oleh karena itu, plastik banyak digunakan untuk membuat berbagai benda.

Secara umum kelebihan bahan plastik adalah sebagai berikut. kuat, ringan, mudah dibentuk, tahan Karat, tidak mudah pecah, mudah diberi warna sehingga menambah daya tarik isolator panas/listrik yang baik

Sedangkan  kelemahan benda dari bahan plastik adalah sebagai berikut. 
  1. Beberapa jenis plastik tidak tahan panas
  2. Beberapa jenis plastik membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terurai secara alami.
  3. Jika tidak digunakan sesuai fungsinya, bahan-bahan kimia yang terkandung dalam plastik dapat membahayakan kesehatan
Benda dari Kayu
Amati benda-benda yang ada di kelasmu! Ada meja, kursi, papan tulis,dan lemari. Benda-benda itu terbuat dari kayu. Kursi digunakan sebagai tempat duduk. Meja sebagai tempat untuk menulis dan membaca buku. Papan tulis untuk menulis. Sementara itu, lemari untuk menyimpan bukubuku. Kayu merupakan salah satu bagian tumbuhan. Tumbuhan yang dapat dimanfaatkan kayunya antara lain pohon jati, mahoni, dan meranti. Kayu banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai benda. Kayu memiliki sifat kuat dan tidak mudah patah. Namun, kayu memiliki sifat mudah lapuk

Dibandingkan dengan bahan  lain, kayu memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah:
  1. Kayu mudah  dibentuk sesuai keinginan.
  2. Kayu kuat dan tidak mudah patah.
  3. Kayu dapat diubah menjadi bentuk pulp (bubur kayu), dan bisa diolah untuk dijadikan bahan produk lainnya, misal untuk bahan baku pembuatan kertas.
Sedangkan kekurangan atau kelemahan material kayu diantaranya adalah:
  1. Tidak tahan api, sehingga kayu mudah terbakar, apalagi kalau dalam kondisi kering.
  2. Kayu tidak dapat dimanfaatkan secara keseluruhan sehingga sisa penggunaan kayu hanya menjadi limbah.
  3. Kayu mudah diserang oleh serangga pemakan kayu seperti rayap atau serangga lainnya.
  4. Kayu mengandung air dan berpengaruh besar terhadap bentuk kayu. Kayu yang belum kering biasanya masih mengalami penyusutan atau perubahan bentuk, oleh karena itu kayu harus dikeringkan sebelum digunakan.
  5. Kayu bersifat tidak tahan air, sehingga mudah lapuk. 
Benda dari Kertas
Kertas berbentuk lembaran yang dibuat dari serat kayu. Kertas merupakan bahan yang mudah diolah menjadi benda yang bermanfaat. Oleh karena itu, benda-benda banyak yang terbuat dari kertas. Misalnya buku tulis, kalender, koran, dan amplop. Kertas memiliki banyak fungsi yang sangat banyak. Fungsi kertas antara lain sebagai tempat menulis, alat pembungkus, serta bahan untuk membuat kerajinan. Meskipun banyak digunakan, kertas memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan kertas antara lain mudah robek, tidak kedap air, mudah kusut, dan mudah terbakar. Sedangkan kelebihan dari bahan kertas adalah ringan dan ramah lingkungan. Kertas termasuk bahan yang mudah didaur ulang. Kertas daur ulang merupakan kertas yang terbuat dari kertas bekas.

Benda dari Kaca
Kaca banyak digunakan untuk membuat berbagai benda. Benda-benda di sekolahmu yang
terbuat dari kaca misalnya kaca jendela, gelas, jam dinding, dan vas bunga. Kaca bersifat keras dan bening. Kaca biasa digunakan untuk membuat hiasan, peralatan rumah tangga, dan bahan bangunan. Bahan kaca tembus pandang, dapat dilalui cahaya. Artinya, kita dapat melihat keadaan dibalik kaca tersebut. Kaca dapat digunakan sebagai bahan jendela dan spion kendaraan. Selain itu, kaca dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lensa kacamata. Kaca jenis ini dapat membantu penglihatan saudara-saudara kita yang matanya terganggu mengalami gangguan. Namun benda yang terbuat dari kaca memiliki kekurangan yaitu mudah pecah.

Created By : Unknown | Ngangsu Kawruh

Terimah Kasih telah membaca artikel :Penyusun Benda Dan Kegunaanya. Yang ditulis oleh : Unknown .Pada hari : . Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.