Pengertian Rantai Makanan

0 comments
Rantai Makanan atau hubungan makan dan di makan antar makhluk hidup. Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu. Dalam rantai makanan ada makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen, dan produsenKonsumen (dekomposer) yaitu makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Konsumen tergantung pada makhluk hidup lain. Contohnya manusia dan hewan. Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri. Contohnya tumbuhan hijau. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri. Sementara itu, hewan dan manusia membutuhkan makhluk hidup lain sebagai makanannya. Rantai makanan selalu diawali dengan tumbuhan. Tumbuhan dapat mengubah energi cahaya dari matahari dan menyimpannya menjadi cadangan makanan. Energi ini berjalan sepanjang rantai makanan
Konsumen yang memperoleh makanan langsung dari produsen disebut konsumen tingkat satu (Konsumen I). Sementara itu, konsumen yang menmperoleh makanan dari konsumen I dinamakan konsumen tingkat dua (Konsumen II) dan seterusnya. Contoh rantai makanan adalah sebagai berikut : Padi dimakan tikus » tikus dimakan ular »ular dimakan elang » Elang akan mati dan diuraikan oleh mikro organisme pengurai menjadi mineral. Mineral ini diserap akar tanaman sebagai zat hara untuk tumbuh dan berkembang.
Padi, tikus, ular, dan burung elang membentuk suatu rantai makanan. Dalam rantai makanan, herbivora (konsumen I) memerlukan tanaman (produsen). Sementara karnivora (konsumen II) memerlukan karnivora lain dan herbivora. Siklus dalam rantai makanan dapat berjalan seimbang apabila semua komponen tersedia. Apabila salah satu komponen, misalnya konsumen I tidak ada, maka akan terjadi ketimpangan dalam urutan makan dan dimakan dalam rantai makanan tersebut. Agar rantai makanan dapat berjalan terus menerus maka jumlah produsen harus lebih banyak daripada konsumen I. Jumlah konsumen I harus lebih banyak daripada jumlah konsumen II dan seterusnya. Kumpulan dari rantai makanan nantinya akan menjadi sebuah jaring, yang sering disebut dengan jaring-jaring makanan.
Sebagai konsumen, hewan ada yang memakan produsen secara langsung, tetapi ada pula yang mendapat makanan secara tidak langsung dari produsen dengan memakan konsumen lainnya. Karenanya konsumen dibedakan menjadi beberapa macam yaitu konsumen I, konsumen II, dan seterusnya hingga konsumen puncak. Konsumen II, III, dan seterusnya .
Keadaan di sekitar makhluk hidup secara umum disebut lingkunganLingkungan meliputi segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup. Segala sesuatu ini terdiri atas makhluk hidup dan makhluk tidak hidup. Setiap makhluk hidup sangat tergantung dengan lingkungannya. Dengan demikian, terjadi hubungan saling ketergantungan antarmakhluk hidup dan lingkungannya. Tempat berlangsungnya hubungan antarmakhluk hidup dengan lingkungannya disebut ekosistemEkosistem dibedakan menjadi dua yaitu ekosistem alam dan ekosistem buatan. Ekosistem alam contohnya hutan, danau, dan laut. Sementara itu, ekosistem buatan contohnya sawah, ladang, kebun, kolam, dan akuarium.  
Namun keseimbangan ekosistem dapat terganggu jika komponen-komponen penyusunnya rusak atau bahkan hilang. Selain karena bencana alam, ekosistem dapat rusak akibat perbuatan manusia.  Kerusakan ekosistem akibat bencana alam adalah letusan gunung berapi, dimana lahar panasnya dapat mematikan organisme (hewan dan tumbuhan) dan mikroorganisme yang dilaluinya.  Penggundulan hutan, serta pencemaran air, tanah dan udara.  

Penggolongan Hewan

0 comments
Daur hidup hewan. Setiap hewan mengalami daur hidup. Daur hidup hewan adalah tahapan perkembangan hewan dari telur hingga dewasa. Setiap hewan memiliki tahapan daur hidup yang berbeda-beda Perhatikan daur hidup kucing yang ada di rumah anda. Ketika baru lahir, tubuh anak kucing sangat kecil. Rambutnya juga masih halus. Kian hari anak kucing tumbuh menjadi besar. Setelah beberapa bulan kemudian tumbuh menjadi kucing dewasa. Ukuran tubuhnya menjadi besar. Rambutnya juga bertambah panjang dan lebat. Itulah salah satu contoh daur hidup hewan.  Daur hidup erat hubungannya dengan metamorfosis. Kata metamorfosis berasal dari bahasa Yunani, yaitu meta yang berarti "sekitar, di antara, setelah", morphe yang berarti "bentuk", dan osis yang bisa diartikan "bagian dari". Jadi, metamorfosis artinya proses pertumbuhan fisik atau biologis hewan yang memengaruhi bentuk atau struktur tubuhnya. Pada proses metamorfosis, terjadi proses fisik, yaitu pergantian kulit, serangga biasanya mengalami empat kali perubahan warna kulit, saat proses metamorfosis berlangsung, katak bernapas dengan insang. Setelah metamorfosis selesai, katak bernapas dengan paru-paru. Ada hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Akan tetapi, ada pula hewan yang metamorfosisnya tidak sempurna.
1. Metamorfosis Sempurna
Bentuk tubuh hewan muda yang mengalami metamorfosis sempurna berbeda dengan bentuk dewasanya (imago). Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu kupu-kupu dan nyamuk. 
Kupu-Kupu
Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur. Ketika menemukan tempat yang cocok, kupu-kupu betina segera bertelur. Telur kupu-kupu akan dilekatkan pada daun. Setelah beberapa hari, telur-telur itu menetas menjadi ulat. Ulat-ulat ini memakan daun-daunan sehingga tubuhnya menjadi besar. Setelah itu, ulat mencari tempat untuk berdiam diri dalam waktu yang cukup lama. Ulat dapat membuat kepompong dari air liurnya. Air liur ini dapat mengeras membentuk benang-benang. Ulat membungkus tubuhnya dengan benang-benang tersebut membentuk kepompong. Pada tahap kepompong inilah perlahan-lahan tubuh ulat berubah menjadi makhluk hidup dengan bentuk baru yaitu kupu-kupu. (Telur » ulat » kepompong » kupu-kupu )
Nyamuk
Metamorfosis nyamuk diawali dari telur. Nyamuk bertelur di permukaan air yang menggenang. Telur nyamuk akan menetas menjadi larva. Larva nyamuk sering disebut jentik-jentik atau tempayak. Larva nyamuk lebih banyak menghabiskan waktunya untuk makan. Tahap selanjutnya, kegiatan larva semakin berkurang dan berubah menjadi kepompong atau pupa. Setelah beberapa saat, kepompong berubah menjadi nyamuk dewasa. (Telur » larva » kepompong/pupa  » nyamuk )
Capung
Capung meninggalkan telur dewasa di kedangkalan danau atau kolam. Setelah menetas, larva capung hidup dan berkembang di dasar perairan. Larva/tempayak capung yang juga dikenal dengan nama kini-kini bernafas di dalam air dengan menggunakan insang.  Selama fase ini, larva capung akan sering berganti kulit hingga mengalami metamorfosis menjadi nimfa. Sebagian besar siklus hidup capung dihabiskan dalam bentuk nimfa (bisa hingga 4 tahun lamanya). Setelah tumbuh sempurna, pada cuaca yang tepat, nimfa akan keluar dari air untuk mencari tumbuhan atau bebatuan untuk menyelesaikan metamorfosis menjadi capung muda. Nimfa akan mengelupaskan kulit lamanya dan berubah menjadi capung muda.  Capung muda ini nantinya akan berkembang menjadi capung dewasa. (Telur » larva » nimfa » capung )
Katak
Katak betina dewasa akan bertelur di dalam air , kemudian telur tersebut akan menetas setelah 10 hari. Setelah menetas, telur katak tersebut menetas menjadi berudu, berudu ini hidup di air. Setelah 2 hari, berudu mempunyai insang luar yang berbulu untuk bernafas. Setelah berumur 3 minggu, insang berudu akan tertutup oleh kulit. Menjelang umur 8 mingu, kaki belakang berudu akan terbentuk kemudian membesar ketika kaki depan mulai muncul. Pada saat umur 12 minggu, kaki depannya mulai terbentuk, insang tidak berfungsi lagi dan ekornya menjadi pendek serta bernafas dengan paru-paru. Setelah pertumbuhan anggota badannya sempurna, katak tersebut akan berubah menjadi katak dewasa dan kembali berkembang biak. (Telur » berudu/kecebong » katak muda » katak dewasa )
2. Metamorfosis Tidak Sempurna
Bentuk tubuh hewan muda yang mengalami metamorfosis tidak sempurna tidak jauh berbeda dengan saat dewasanya, contohnya kecoak. Kecoak bertelur dalam jumlah banyak. Telur-telur itu dibungkus oleh selongsong berwarna cokelat. Selongsong ini berfungsi sebagai pelindung telur. Telur kecoak akan menetas menjadi nimfa (kecoak muda) dan keluar dari selongsong. Kecoak muda mempunyai bentuk yang mirip dengan kecoak dewasa, tetapi belum mempunyai sayap. Setelah dewasa, sayap-sayap kecoak mulai tumbuh.

Penggolongan Hewan

0 comments
Hewan atau disebut juga dengan binatang adalah kelompok makhluk hidup yang diklasifikasikan dalam kerajaan Animali, adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup di bumi. Sebutan lainnya adalah fauna dan margasatwa (atau satwa saja). Hewan atau binatang ini setiap hari bisa kita temui di lingkungan sekitar kita. Banyak cara untuk menggolongkan hewan, hewan dapat digolongkan berdasarkan tempat hidupnya, jenis makananya, berdasarkan penutup tubuhnya, cara berkembangbiaknya, dan cara bernafasnya, penutup tubuhnya, cara geraknya, dan cara bernapasnya. Sebenarnya ada penggolongan yang lebih umum, yaitu penggolongan hewan berdasar tulang belakangnya. Vertebrata yaitu hewan yang bertulang belakang. Invertebrata atau Avertebrata yaitu hewan tanpa tulang belakang.Jenis makanan setiap hewan adalah tertentu. Namun, pada dasarnya makanan itu berasal dari tumbuhan atau hewan lainnya. 
A. Berdasarkan tempat hidupnya
Berdasarkan tempat hidupnya hewan digolongkan menjadi hewan darat, hewan air, dan ampibi(di darat dan di air) . Berikut contoh hewan berdasarkan tempat hidupnya
  • Hewan yang hidup di darat Contoh : kambing, kucing, sapi, dan kerbau.
  • Hewan yang hidup di air, Hewan air tawar (Hewan yang hidup di air tawar) Contoh : Pesut, Lele, Arwana, Koi,Mujair, dan Sepat. Hewan air laut (Hewan yang hidup di air laut) Contoh : Kakap, Tongkol, Lumba-lumba, Paus, dan Singa laut. Hewan air payau (Hewan yang hidup pada campuran air laut dan air tawar. Contoh : Bandeng dan udang windu
  • Hewan amfibi (hewan yang hidup didarat dan di air) Contoh : Katak dan Salamander
B. Berdasarkan jenis makanannya
Berdasarkan jenis makanannya, hewan dikelompokkan menjadi tiga yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora. Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan, karnivora pemakan daging, dan omnivora adalah pemakan segala (tumbuhan dan binatang lain). Berikut ini contoh masing-masing kelompok hewan :
  • Herbivora (Hewan pamakan tumbuhan), contoh : Kambing, Sapi, Kerbau, dan Kuda
  • Karnivora (Hewan pemakan daging), contoh : Kucing, Harimau, Anjing, dan Singa
  • Omnivora (Hewan pemakan tumbuhan dan binatang lain), contoh : Ayam, Bebek dan Musang
C. Berdasarkan penutup tubuhnya
Penggolongan hewan berdasarkan jenis penutup tubuhnya dapat dibagi menjadi hewan berkulit kering bersisik, kulit bersisik, kulit tipis berlendir, berbulu, hewan yang kerangkanya dari zat kitin, dan hewan yang kerangkanya dari zat kapur. Berikut contoh hewan berdasarkan penutup tubuhnya.
  • Kulit kering bersisik, Bangsa hewan melata, antara lain, kadal, bunglon, ular, kura-kura, cecak, biawak, buaya, dan trenggiling. 
  • Kulit bersisikBangsa ikan, antara lain, ikan mujair,, bandeng, kerapu, kakap, tuna tak bersisik, arwana, dan oskar. 
  • Kulit tipis berlendirBangsa amfibi, antara lain, katak dan salamander.
  • Kulit berbulu atau kulit berambut Bangsa burung, antara lain, elang, bebek, kenari, merpati, betet, ayam, belibis, burung hantu, rajawali, dan burung dara.  Bangsa hewan buas dan hewan rumah, antara lain, harimau, singa, serigala, anjing, dan kucing.  Bangsa hewan yang berjalan di atas kuku kakinya, antara lain kambing, kerbau, banteng, sapi, kuda, dan domba.
  • Kerangka luar dari zat kitin, Bangsa serangga, antara lain, belalang, rayap, lalat, capung, lebah, dan walang sangit.  Bangsa udang, antara lain, kepiting, ketam, dan udang.  Bangsa laba-laba, antara lain, tungau, kalajengking, laba-laba, dan caplak. 
  • Kerangka luar dari zat kapur ,(cangkang) Bangsa kerang, antara lain, siput dan kerang.
D. Berdasarkan cara geraknya
Berdasarkan cara geraknya hewan digolongkan menjadi : berenang, terbang, berjalan, melompat, melata, memanjat, dan bergelantungan. Berikut contoh hewan berdasarkan cara geraknya.
  • Berenang menggunakan siripnya, antara lain, paus dan lumba-lumba
  • Terbang menggunakan sayap, antara, lain, kupu-kupu, burung, kumbang, belalang, lebah, dan capung, 
  • Berjalan dengan kakinya, antara lain, ayam, burung, itik, angsa, kuda, dan gajah
  • Melompat, antara lain, katak, kelinci, dan kanguru
  • Melata, antara lain, ular, cacing, dan buaya
  • Memanjat dengan kedua tangan dan kakinya, antara lain, beruk
  • Bergelantungan dengan kedua tangan dan kakinya, antara lain, kera dan orangutan
E. Berdasarkan cara berkembangbiaknya
Berdasarkan cara berkembangbiaknya hewan digolongkan menjadi lima golongan, yaitu ovipar, vivipar, ovovivipan, membelah diri, dan bertunas. Berikut contoh hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya.
  • Ovipar (Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur), contoh : Ayam, Bebek, dan Angsa
  • Vivipar (Hewan yang berkembangbiak dengan cara beranak), contoh : Kambing, Sapi, gajah, dan Kuda
  • Ovovivipar (Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur dan beranak) , contoh : Buaya dan Ular.
  • Bertunas, contohnya hydra;
  • Membelah diri, contohnya amoeba dan bintang laut.
F. Berdasarkan cara bernafasnya Berdasarkan cara bernapasnya hewan digolongkan menjadi hewan yang bernapas dengan insang, trakhea, paru-paru, kulit, dan bernapas dengan paru-paru dan kulit. Berikut ini contoh hewan berdasarkan cara bernafasnya.
  • Hewan yang bernafas dengan insang, contoh : Ikan
  • Hewan yang bernafas dengan trakhea, contoh : Kupu –kupu, Lebah, belalang, dan semut
  • Hewan yang bernafas dengan paru-paru Contoh : Tikus, Kelelawar, Ular, Lumba-lumba, dan Paus
  • Hewan yang bernafas dengan kulit, contoh : cacing tanah
  • Hewan yang bernafas dengan paru-paru dan kulit, contoh : Katak
Disekitar kita ada hewan liar dan hewan peliharaan. Apa itu hewan liar dan hewan peliharaan ?. Berikut penjelasan dan contoh hewan peliharaan dan hewan liar.
  • Hewan liar artinya hewan yang tidak dipelihara orang dan hidup bebas. Contoh : katak, Nyamuk, Cicak, dan Ular.
  • Hewan peliharaan artinya hewan yang dipelihara manusia. Contoh : Ayam, Itik, Kambing, dan Sapi
Hewan Liar ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan. Berikut contoh hewan liar yang merugikan dan menguntungkan :
  • Hewan liar yang menguntungkan, Contohnya : Cacing tanah, Katak, dan Cicak.
  • Hewan liar yang merugikan, Contohnya : Lalat, Nyamuk, dan Kecoak.

Perubahan Sifat Pada Benda

0 comments
Perubahan sifat benda. Batu bata dan genting dibuat dari adonan tanah liat yang dicetak, kemudian dibakar. Sifat tanah liat berbeda dengan sifat batu bata. Tanah liat bersifat lembut dan berwarna hitam kecokelatan. Batu bata dan genting bersifat lebih keras dan berwarna jingga. Dari proses pembuatan batu bata ini tampak adanya perubahan sifat. Perubahan ini disebabkan oleh proses pencampuran dengan air dan proses pembakaran. Setiap benda mempunyai sifat tertentu yang membedakannya dengan benda lain. Sifat benda meliputi bentuk, warna, kelenturan, dan bau.  
  • Bentuk, Bentuk benda bermacam-macam. Benda yang berupa bangun datar mempunyai bentuk persegi, persegi panjang, segitiga, dan lingkaran. Benda yang berupa bangun ruang mempunyai bentuk bola, kubus, balok, kerucut, dan tabung.
  • Warna, Sebagaimana pelangi, setiap benda mempunyai warna. Warna benda juga bermacam-macam. Misalnya batu berwarna hitam, mangga mentah berwarna hijau, dan jeruk matang berwarna kuning atau jingga.
  • Kelenturan, Kelenturan adalah sifat benda yang mudah dilengkungkan. Benda yang bersifat lentur dapat dibengkokkan dan tidak mudah patah.
  • Kekuatan adalah kemampuan suatu benda untuk menahan goresan. Suatu benda bersifat lebih keras daripada benda lain jika dapat menggores benda tersebut.
  • Bau. Benda ada yang berbau dan ada yang tidak berbau. Bau benda meliputi harum, busuk, dan amis.
Penyebab Perubahan Sifat Benda
1. Pemanasan
Ketika Ibumu memasak air, air tersebut mengalami peningkatan suhu. Air yang asalnya dingin berubah menjadi panas. Setelah itu, air mendidih. Ketika mendidih, uap air akan keluar dari panci. Salah satu sifat air adalah jika air dipanaskan, suhunya akan meningkat atau panas. Batang lilin yang semula berbentuk padat akan mencair jika dipanaskan. Selanjutnya, cairan dari batang lilin akan berubah bentuk menjadi padat lagi setelah dingin. Jadi, benda jika dipanaskan akan berubah sifatnya. 
2. Pendinginan
Air yang dimasukkan ke dalam ruang pembeku (freezer) dalam lemari es, akan membeku  Salah satu sifat air jika didinginkan sampai suhu nol derajat celsius lama-kelamaan suhunya akan menurun. Air tersebut berubah men jadi es batu. 
3. Pembakaran
Saat berkemah, biasanya kamu membuat api unggun pada malam hari. Api unggun dibuat dengan mengumpulkan kayu-kayu, kemudian dibakar. Akibat peristiwa pembakaran ini, kayu yang semula bersifat padat dan keras berubah bentuk menjadi arang dan abu. Arang mempunyai sifat rapuh, sementara abu berbentuk serbuk. Pembakaran dapat mengubah sifat benda. Kertas yang dibakar menjadi hancur dan berubah warna menjadi hitam.  Sampah plastik yang dibakar juga akan berubah sifatnya. Semua benda yang dibakar akan mengeluarkan bau kurang enak. Jadi, benda yang dibakar akan mengalami perubahan sifat benda, yaitu hancur dan warnanya berubah, serta mengeluarkan bau.
4. Pencampuran dengan Air
Para pekerja bangunan menggunakan berbagai macam bahan bangunan yang dicampur dengan air. Misalnya semen, pasir, dan kapur. Semen berbentuk serbuk. Setelah dicampur dengan air, semen berubah menjadi agak lengket. Jika sudah kering, campuran ini akan berubah menjadi keras dan kuat. Proses pencampuran dengan air juga terjadi pada proses pembuatan batu bata dan genting.
5. Pembusukan Buah pisang yang telah matang akan membusuk bila dibiarkan selama beberapa hari. Proses pembusukan ini akan mengubah sifat-sifat buah tersebut. Perubahan yang terjadi meliputi, bau, dan warnanya. Buah pisang yang busuk baunya tidak sedap. Kulit buah yang semula berwarna kuning akan berubah menjadi cokelat kehitaman. Apabila dipegang, daging buahnya terasa lunak.
Macam-Macam Perubahan Sifat Benda
Sifat perubahan benda ada dua yaitu perubahan yang bersifat sementara dan perubahan yang bersifat tetap. 1. Perubahan Sifat Benda yang Bersifat Sementara Perubahan bersifat sementara adalah perubahan benda yang dapat kembali ke wujud semula dan tidak menghasilkan zat baru. Perubahan bersifat sementara disebut juga perubahan fisika. Contoh perubahan yang bersifat sementara yaitu perubahan wujud air menjadi es. Air berwujud cair, dapat berubah menjadi es yang berwujud padat. Perubahan wujud benda dari cair menjadi padat disebut membeku. Es dapat berubah wujud menjadi air kembali jika dipanaskan. Perubahan wujud ini disebut mencair. Perubahan sifat pada benda tersebut bersifat sementara, karena benda dapat kembali ke wujud semula. 2. Perubahan Sifat Benda yang Bersifat Tetap Perubahan bersifat tetap adalah perubahan benda yang tidak dapat kembali ke wujud semula. Perubahan ini menghasilkan zat baru. Perubahan bersifat tetap disebut juga perubahan kimia. Contoh perubahan yang bersifat tetap, yaitu perubahan wujud kertas yang dibakar menjadi abu atau kayu bakar yang dibakar saat membuat api unggun.

Soal UKG Online

0 comments
1. Kutub magnet  yang senama apabila didekatkan akan . . . .
  • A. tarik - menarik
  • B. tolak - menolak  
  • C. berhimpitan
  • D. tetap
Kutub magnet senama tolak menolak
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya.  Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak.
2. Mengapa karya-karya ayah Sony digemari banyak orang?
  • A.  Karena ayah Sony baik hati dan senang menolong orang.
  • B.  Karena karya-karya ayah Sony berisi cerita petualangan.
  • C.  Karena tulisan ayah Sony dinilai dapat membahagiakan hati.
  • D.  Karena ayah Sony terkenal sebagai seorang penulis yang hebat.
Karena tulisan ayah Sony dinilai dapat membahagiakan hati.
3. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
  • A.  Heterofil
  • B.  Homofil
  • C.  Holomofil
  • D.  Homogen
Heterofil, didefinisikan sebagai derajat dari pasangan orang-orang yang berinteraksi yang memiliki sifat-sifat tetentu yang berbeda. Orang-orang yang mengingkari homofili dan berupaya berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda dengannya, bisa menemukan kekecewaan dalam komunikasi. Semua itu menyebabkan adanya heterofili dalam bahasa dan konsep sehingga pesan-pesan yang mereka sampaikan sulit diterima dan bahkan diabaikan. Homofil, Dalam komunikasi, dalil kesamaan dan kedekatan (homofili) sering dipakai komunikator untuk meningkatkan kredibilitasnya (Rakhmat 2007:32). Orang menjadi terhormat dalam pandangan orang lain karena duduk berdampingan dengan anggota kabinet atau berjabatan tangan dengan presiden.(A)
    4. Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
    • A.  kesehatan
    • B.  status
    • C.  penampilan
    • D.  pekerjaan
    Menurut Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap status, minat terhadap pekerjaan di masa depan, minat terhadap penampilan, minat terhadap masalah sosial dsb. Pembelajaran mata pelajaran Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan konsep atau kegunaan matematikan dengan kehidupan sehari-hari memungkinkan guru untuk mengidentifikasi minat-minat siswa terhadap pekerjaan di masa datang.(D) 
    5. Hasil dari 63 x 33 adalah .... 
    • A.  2.079
    • B.  3.888
    • C.  3.777
    • D.  3.666
    63 x 33 = 2.079
    6. Air PAM digunakan untuk ......
    • A.  keperluan rumah tangga
    • B.  pengairan lahan pertanian
    • C.  pengolahan hasil hutan
    • D.  pemeliharaan ikan
    Keperluan rumah tangga
    7. Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS adalah ‘minat terhadap 
        lambang status’. Salah satunya adalah ….
    • A.  nama-nama keluarga
    • B.  penampilan diri
    • C.  ikatan kekerabatan
    • D.  jenis pekerjaan orang tua
    Menurut Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap pekerjaan di masa depan, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap penampilan, minat terhadap masalah sosial, dsb. Melalui pembelajaran IPS, guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap jenis pekerjaan urang tua. (D)
    8. Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan awal/ 
        prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
    • A.  membagi
    • B.  menjumlah
    • C.  mengurang
    • D.  menghitung
    Kompetensi prasyarat adalah kemampuan awal yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari materi/topik/kompetensi tertentu. Jika hal tersebut tidak dilakukan akan menghambat penguasaan materi yang /topik/kompetensi dipelajari. Dalam pembelajaran Matematika, khususnya kompetensi dasar: ‘’Perkalian bilangan’, ’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah menjumlahkan bilangan  , perkalian dapat dilakukan dengan penjumlahan berulang(B)
    9. Hai, Lekaslah ke mari. Tanda baca yang paling tepat digunakan pada akhir kalimat 
        tersebut adalah ... 
    • A.  tanya
    • B.  titik
    • C.  seru
    • D.  titik koma
    Hai, Lekaslah ke mari !
    Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
    Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak.
    10. Di tingkat mana Sony berhasil menjadi juara lomba menulis puisi anak?
    • A.  provinsi
    • B.  kecamatan
    • C.  kabupaten
    • D.  Kelurahan
     Kabupaten
    11. Perhatikan soal-soal di bawah ini.
          75              68
          27              13
        _____ _ _____ +
          58              71
    Jawaban soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….
    • A.  proses penghitungan
    • B.  memahami simbol
    • C.  nilai tempat
    • D.  bahasa dan membaca
    Kesulitan belajar Matematika disebut juga diskalkulia (dyscalculis) . Menurut Lerner dalam Mulyono, terdapat beberapa kekeliruan umum yang sering dilakukan oleh anak berkesulitan belajar Matematika, yakni kekurangan pemahaman tentang: (1) simbol, (2) nilai tempat, (3) perhitungan, (4) penggunaan proses yang keliru, dan (5) tulisan yang tidak terbaca.  
    Contoh: siswa yang belum memahami nilai tempat satuan, puluhan, ratusan, dst akan semakin mempersulit jika kepada mereka dihadapkan pada lambang bilangan yang berbasis bukan sepuluh. (C)
    12. Lebah mendapatkan madu, dan bunga terjadi penyerbukan. Kerjasama seperti ini 
          disebut . . . .
    • A.  simbiosis mutualisme
    • B.  simbiosis komensalisme
    • C.  simbiosis parasitisme
    • D.  simbiosis sarkasme
    Simbiosis mutualisme (A)
    13. Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, 
          yang artinya kemampuan untuk ….
    • A.  memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
    • B.  penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
    • C.  berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
    • D.  mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang
    “Secara umum kreativitas dapat diartikan sebagai kemampuan untuk berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa (unusual) dan menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan” (Semiawan, 1999: 89) Selain dari apa yang telah disebutkan diatas, maka untuk memahami pengertian kreativitas, maka Rhodes (Munandar, 1977) mengemukakan bahwa ada beberapa tinjauan yang harus dikaji. Adapun definisi kreativitas itu dapat dikaji melalui the Four P’s of Creativity (Person, Product, Process, and Press).(C)
    14.Sebuah gedung yang tingginya 30 meter tampak pada layar televisi tingginya 10 cm, 
         maka skalanya adalah ....
    • A.  1: 200
    • B.  1: 300
    • C.  1: 400
    • D.  1: 500
    Skala = tinggi gedung : tinggi pada layar tv = 3.000 cm : 10 cm = 300 cm, jadi skala = 1 : 300
    Adi : “Apa saja kegiatan tutup tahun ini kawan-kawan?” 
    Didi :  “Biasa Di, perpisahan dengan kakak kelas VI.” 
    Yus : “Ya, tapi kita dapat usulkan yang lain.” 
    Ani : "Hai ini tidak dapat dibicarakan sekilas, kalau mau terima usulku adakan rapat.”
    15. Percakapan tersebut menunjukkan bahwa Ani anak yang cermat dan .... 
    • A.  semuanya
    • B.  tangguh
    • C.  tanggungjawab
    • D.  laksana
    tanggungjawab(C)
    16. Para perumus Pancasila dalam bermusyawarah sangat menghargai perbedaan pendapat. 
          Mereka menjunjung tinggi . . . .
    • A.  egoisme
    • B.  kesukuan
    • C.  toleransi
    • D.  kerja keras
    Toleransi(C)
    17. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
    • A.  Santosa S. Hamidjaja
    • B.  Mattew B. Milers
    • C.  Sumantri Mulyani
    • D.  Rabbin
    Santoso S. Hamijoyo dalam Cece Wijaya dkk (1992 : 6) Inovasi adalah baru. Beliau menjabarkan bahwa kata baru diartikan sebagai apa saja yang belum dipahami, diterima atau dilaksanakan oleh si penerima pembaharuan, meskipun mungkin bukan baru lagi bagi orang lain. Akan tetapi, yang lebih penting dari sifatnya yang baru adalah sifat kualitatif yang berbeda dari sebelumnya. Kualitatif berarti bahwa inovasi itu memungkinkan adanya reorganisasi atau pengaturan kembali dalam bidang yang mendapat inovasi.
    Pengertian Inovasi menurut Stephen Robbins, Mendefinisikan, inovasi sebagai suatu gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.
    Pengertian Inovasi menurut UU No. 18 tahun 2002, Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.(A)
    18. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam sistem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
    • A.  Addition
    • B.  Restructuring
    • C.  Alternation
    • D.  Substitution
    Dalam kaitanya dengan kontribusi inovasi pendidikan, Huberman seperti dikutip Ishak Abdulhak (2000) membagi sifat perubahan inovasi ke dalam enam kelompok, yaitu :a)
    1. Penggantian, (substitution), inovasi dalam penggantian jenis sekolahm penggantian bentuk 
        perabot, alat-alat atau system ujian yang lama diganti dengan yang baru. b)
    2. Perubahan, (alternation), merubah tugas guru yang tadinya hanya bertugas mengajar, 
        juga harus bertugas menjadi guru pembimbing. Perubahan yang bersifat 
        sebagiankomponen dari sekian banyak komponen yang masih dapat dipertahankan dalam 
        system lama
    3.Penambahan, (addition), inovasi yang besifat penambahan tidak ada penggantian atau 
       perubahan. Kalaupun ada yang berubah, maka perubahan tersebut hanya dalam 
       lingkup komponen dalam system yang masih dipertahankan.d)
    4. Penyusunan kembali, (restructuring). Upaya penyusunan kembali bebagai kmponenyang 
       telah ada dalam system dengan maksud agar mampu menyesuaikan diri dengantuntutan 
       dan kebutuhan.
    5.Penghapusan, (elimination). Upaya perubahan dengan cara menghilangkan aspek-aspek 
       tertentu dalam pendidikan atau pengurangan komponen-komponen tertentu dalam 
       pendidikan atau penghapusan pola atau cara-cara lama.f)
    6.Penguatan, (reinforcement). Upaya peningkatan untuk memperkokoh atau 
       memantapkankemampuan atau pola dan cara-cara yang sebelumnya terasa lemah(B)
    19. Kerajaan Islam pertama di Indonesia
    • A.  kerajaan Aceh
    • B.  Kerjaan Demak
    • C.  Kerjaan Majapahit
    • D.  kerajaan Samudra Pasai
    Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Samudera Pasai
    20. Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini 
           merupakan amanah dari Permendiknas …..
    • A.  Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
    • B.  Nomor 23 tahun 2006 tentang SKL
    • C.  Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
    • D.  Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
    Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
    21. 152 + 52 = n. n adalah . . . .
    • A.  225
    • B.  204
    • C.  325
    • D.  400
    152 + 52 = 204
    22. Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
    • A.  seks
    • B.  penampilan
    • C.  kesehatan
    • D.  pekerjaan
    Menurut Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap pekerjaan di masa depan, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap penampilan, minat siswa terhadap masalah sosial, dsb. Dalam pembelajaran mata pelajaran IPA, khususnya tentang kompetensi: ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, ketika ada siswa yang yang selalu bertanya, kemudian mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik maka guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap kesehatan. (C)
    23. Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisien dan efektivitas  penyelenggaraan pendidikan disebut ….
    • A.  Standar Proses.
    • B.  Standar Kompetensi Lulusan.
    • C.  Standar Sarana dan Prasarana.
    • D.  Standar Pengelolaan.
    1. Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria  mengenai kualifikasi kemampuan lulusan      yang  mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
    2. Standar Isi adalah kriteria mengenai ruang  lingkup materi dan tingkat Kompetensi untuk 
        mencapai Kompetensi lulusan pada jenjang dan  jenis pendidikan tertentu.
    3. Standar Proses adalah kriteria mengenai  pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan       pendidikan untuk mencapai Standar Kompetensi  Lulusan.
    4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan  adalah kriteria mengenai pendidikan      prajabatan  dan kelayakan maupun mental, serta pendidikan  dalam jabatan.
    5. Standar Sarana dan Prasarana adalah kriteria  mengenai ruang belajar, tempat      berolahraga,  tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium,  bengkel kerja, tempat      bermain, tempat berkreasi  dan berekreasi serta sumber belajar lain, yang  diperlukan      untuk menunjang proses  pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi  informasi dan      komunikasi. 
    6. Standar Pengelolaan adalah kriteria mengenai  perencanaan, pelaksanaan, dan      pengawasan  kegiatan pendidikan pada tingkat satuan  pendidikan, kabupaten/kota,      provinsi, atau  nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas  penyelenggaraan      pendidikan.(D)
    7. Standar Pembiayaan adalah kriteria mengenai  komponen dan besarnya biaya operasi      satuan  pendidikan yang berlaku selama satu tahun.
    8. Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria  mengenai mekanisme, prosedur, dan 
        instrumen  penilaian hasil belajar Peserta Didik.
    24. Susi dan Indri berlatih menari di tempat yang sama. Susi berangkat setiap 3 hari sekali dan Indri berangkat setiap 4 hari sekali. Pada tanggal 5 April keduanya berangkat bersama-sama. Keduanya berangkat bersama-sama lagi pada tanggal … .
    • A.  16 April
    • B.  17 April
    • C.  18 April
    • D.  19 April
    KPK 3 dan 4 adalah 12, 12 hari setelah tanggal 5 April adalah tanggal 17 April
    25. Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas Nomor 16  
          tahun 2007 adalah kompetensi …..
    • A.  Kepribadian, pedagogik, professional, dan manajerial.
    • B.  Kepribadian, pedagogik, professional, dan sosial.
    • C.  Kepribadian, pedagogik, professional, dan kewirausahaan.
    • D.  Pedagogik, professional, manajerial, dan sosial.
    Kepribadian, pedagogik, professional, dan sosial.(B)
    26. KPK dari bilangan 12 dan 18 adalah .... 
    • A.  12
    • B.  36
    • C.  18
    • D.  216
    36 (B)
    27. Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
    • A.  coba-ralat (trial and error)
    • B.  pendidikan langsung,
    • C.  identifikasi
    • D.  observasi
    Menurut Hurlock, perkembangan moral anak terdiri atas dua fase, yakni: fase pertama, perkembangan prilaku moral dan fase kedua, perkembangan konsep moral. Metode-metode yang digunakan agar anak mengalami fase perkembangan perilaku moral terdiri atas coba- ralat (trial and error), pendidikan langsung, dan identifikasi. (A)
    28. Lambang Pecahan desimal dari 3/8 adalah ... 
    • A.  6,25
    • B.  0,375
    • C.  37,5
    • D.  0,0625
    3/8 = 0,375(B)
    29. Ali, Amir dan Adi mempunyai tali yang masing - masing panjangnya adalah 90 dm, 
           6,5 m dan 750 cm. Panjang tali ketiga anak tersebut adalah . . . .
    • A.  21 m
    • B.  22 m
    • C.  23 m
    • D.  24 m
    900 cm + 650 cm + 750 cm = 2.300 cm = 23 m(C)
    Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
    Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya.  Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak.
    30. Apa yang menjadi harapan Sony di masa depan?
    • A.  menerbitkan banyak buku
    • B.  menjadi juara di setiap lomba
    • C.  menjadi seorang penulis terkenal
    • D.  menulis puisi yang bagus-bagus
    Menjadi seorang penulis terkenal(C)
    31. Hasil kerja panitia sembilan adalah
    • A.  sembilan emas jakarta
    • B.  soekarno ketua PPKI
    • C.  piagam jakarta
    • D.  Indonesia menang dari penjajah
    Piagam jakarta(C)
    32. Tukang nasi goreng adalah salah satu contoh distribusi
    • A.  langsung
    • B.  tidak langsung
    • C.  semi langsung
    • D.  semi tidak langsung
    Distribusi secara langsung merupakan kegiatan menyalurkan barang atau jasa langsung dari produsen kepada konsumen tanpa perantara. Sistem distribusi langsung:
    1. Lebih tepat untuk menyalurkan barang hasil produksi yang tidak tahan lama. Misalnya: 
        makanan, minuman, buah, sayur, daging, dan lain-lain. Contoh lainnya adalah penjual 
        sayur berkeliling kampung untuk menjual dagangannya kepada pembeli.
    2. Jarak antara produsen dan konsumen tidak jauh(A)
    33. Barang dan Jasa yang dikonsumsi dapat digolongkan menjadi 2. Contoh yang benar 
           dibawah ini adalah barang yang habis satu kali pakai adalah ...
    • A.  makanan, minuman
    • B.  minuman
    • C.  makanan
    • D.  pakaian, sabun mandi
    Konsumsi adalah kegiatan untuk mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa, baik secara sekaligus maupun berangsur-angsur untuk memenuhi kebutuhan.
    Barang dan jasa yang dikonsumsi dapat dibedakan menjadi dua macam antara lain berikut.
    a.    Barang sekali pakai, seperti makanan, minuman, dan obat-obatan.
    b.    Barang yang dipakai beberapa kali atau tidak habis sekaligus, akan tetapi digunakan 
           sedikit demi sedikit (bertahap), seperti pakaian, sepatu, tas, perabot rumah tangga, 
           komputer, dan kendaraan.
    Orang yang memakai, menghabiskan atau mengurangi kegunaan barang atau jasa disebut konsumen. Dengan kata lain, konsumen adalah orang yang melakukan kegiatan konsumsi.(A)
    34. Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa yang termasuk dalam kekurangan 
           kemampuan  kognitif adalah ….
    • A.  menangkap makna secara penuh
    • B.  mengingat kembali kata-kata
    • C.  membandingkan informasi yang diterima
    • D.  merumuskan alternatif pemecahan masalah
    Penjelasan Ada enam komponen bahasa, yaitu (1) fonem, (2) morfem, (3) sintaksis, (4) semantic, (5) prosodi, dan (6) pragmatik. Adanya gangguan pada salah satu atau lebih komponen-komponen tersebut dapat menyebabkan terjadinya kesulitan belajar bahasa. Menurut Lovitt dalam Mulyono penyebab kesulitan belajar bahasa adalah kekurangan kognitif, kekurangan dalam memori, kekurangan  kemampuan melakukan evaluasi, kekurangan kemampuan memproduksi bahasa, dan kekurangan dalam pragmatik atau penggunaan fungsional bahasa. Contoh kekurangan kognitif: mengklasifikasi kata, mencari dan menetapkan kata yang ada hubungannya dengan kata lain (hubungan semantik), menangkap makna secara penuh, dsb. (A)
    35. Untuk membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
    • A.  membuat karangan deskriptif
    • B.  melengkapi kalimat belum selesai
    • C.  menyusun kalimat sederhana
    • D.  membaca kalimat sederhana
    Kompetensi prasyarat adalah kemampuan awal yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari materi/topik/kompetensi tertentu. Jika hal tersebut tidak dilakukan akan menghambat penguasaan materi yang /topik/kompetensi dipelajari. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia: ‘mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana’ maka kemampuan awal/prasyarat yang perlu dimiliki siswa adalah menyusun kalimat sederhana.(C)
    36. Bagaimana bunyi butir pertama dasar negara dalam Piagam Jakarta sebelum diubah?
    • A.  Persatuan Indonesia
    • B.  Ketuhanan Yang Maha Esa.
    • C.  Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk pemeluknya.
    • D.  Kerakyatan yaang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
    Di dalam Piagam Jakarta terdapat lima butir yang kelak menjadi Pancasila dari lima butir, sebagai berikut:
    1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
    2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
    3. Persatuan Indonesia
    4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan 
        perwakilan
    5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia(C)
    37. Ujung jarum yang selalu menunjukkan arah utara biasanya diberi warna . . . .
    • A.  merah atau hitam
    • B.  hijau atau merah
    • C.  merah atau putih
    • D.  hitam atau hijau
    Merah atau hitam (A)
    38. Beberapa orang dari buruh Pak Basir bertugas mengandangkan sapi. Makna kata 
           berecetak miring pada, kalimat tersebut adalah ... 
    • A.  memasukkan
    • B.  membuat
    • C.  menggiring
    • D.  menyimpan
    mengandangkan = memasukkan(A)
    39. Salah satu lembaga tinggi negara yang anggotanya dipilih oleh rakyat lewat Pemilihan 
          Umum adalah . . . .
    • A.  Dewan Perwakilan Daerah
    • B.  Mahkamah Agung
    • C.  Mahkamah Konstitusi
    • D.  Badan Pemeriksa Keuangan
    Dewan Perwakilan  Daerah (DPD)(A)
    40. Yang termasuk distribusi tidak langsung adalah ...
    • A.  tukang nasi goreng
    • B.  toko sepatu bata
    • C.  pedagang
    • D.  Kantin
    Distribusi secara tidak langsung merupakan kegiatan menyalurkan barang dan jasa melalui pihak-pihak lain atau badan perantara seperti agen, makelar, toko atau pedang eceran.
    Sistem distribusi secara tidak langsung:
    1. Lebih tepat untuk menyalurkan barang hasil produksi yang tahan lama dan tidak mudah 
        rusak, misalnya sabun, pasta gigi, sikat gigi, buku dan lain sebagainya.
    2. Jarak antara produsen dan konsumen jauh.
    Contoh distribusi secara tidak langsung:
    -Penjualan berbagai merk sabun mandi, sampo, pasta gigi, sepatu dll
    -Penjual koran harian pagi oleh pengecer koran keliling(C)
    41. Sebuah kubus panjang rusuk 1 sisinya 7 dm, maka volume kubus tersebut adalah ... 
    • A.  323 dm3
    • B.  343 dm3
    • C.  333 dm3
    • D.  363 cm3
    Volume = 7 x 7 x 7 = 343(B)
    42. Hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur pemerintahannya sendiri sesuai 
          dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku disebut . . . .
    • A.  pemerintahan otoriter
    • B.  pemerintah daerah
    • C.  otoritas daerah
    • D.  otonomi daerah
    Otonomi daerah(D)
    43. Tahun 1945 nagasaki di bom oleh sekutu pada tanggal
    • A.  7 Maret 1945
    • B.  16 Juni 1945
    • C.  21 April 1945
    • D.  9 Agustus 1945
    Pada tanggal 9 Agustus 1945, dijatuhkan bom nuklir "Fat Man" di atas Nagasaki.(D) 
    44. Luas daerah segitiga sama kaki 240 cm2 dan panjang alasnya 20 cm. Keliling segitiga 
          adalah ...
    • A.  68
    • B.  70
    • C.  72
    • D.  78
    Luas = 1/2 x a x t
    t = Luas : alas/2 = 240 : 10 = 24
    Sisi miring = 576 + 100 = 676 = 26
    Keliling = 20 + 26 + 26 = 72 cm(C)
    45. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI 
          ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....
    • A.  kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
    • B.  menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
    • C.  menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
    • D.  mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
    Menurut Hurlock, karakteristik perkembangan emosional anak usia SD antara lain: kesulitan memulai sesuatu tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir, menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah, memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis, dan memiliki rasa sensitif dan mudah tersinggung dalam intensitas yang ringan. Jadi, mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa bukan merupakan karakteristik perkembangan emosional anak usia SD (D)
    46. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu 
          sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
    • A.  Standar Kompetensi
    • B.  Kompetensi Dasar
    • C.  Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
    • D.  Standar Kompetensi Lulusan
    1. Kompetensi adalah kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secara konsisten 
        sebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta 
        didik.
    2. Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang 
        menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan 
        dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester; standar kompetensi terdiri atas sejumlah 
        kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku secara nasional.
    3. Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik 
        dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi.(B)
    47. Himpunan semesta yang tepat dari P = {3, 5, 7, 9, 11, 13} adalah ... .
    • A.  Himpunan bilangan ganjil kurang dari 15
    • B.  Himpunan bilangan Prima kurang dari 15
    • C.  Himpunan bilangan kelipatan 2 kurang dari 15
    • D.  Himpunan bilangan tidak habis dibagi 2
    P = Himpunan bilangan tidak habis dibagi 2(D)
    48. Penggunaan ungkapan keras kepala pada kalimat di bawah ini yang tepat adalah ... 
    • A.  Anak yang datang itu memang keras kepalanya
    • B.  Dasar anak keras kepala, sulit diatur.
    • C.  Si jagoan itu merasa keras kepala.
    • D.  Anak yang baik itu memang keras kepala
    Dasar anak keras kepala, sulit diatur(B)
    49. Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa 
          usia sekolah dasar, kecuali ….
    • A.  adanya gangguan hubungan keruangan
    • B.  kesulitan dalam bahasa dan membaca
    • C.  gangguan mengenal dan memahami simbol
    • D.  performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
    Kesulitan belajar Matematika disebut juga diskalkulia (dyscalculis) . Menurut Lerner dalam Mulyono, karakteristik kesulitan belajar Matematika meliputi: (1) gangguan dalam hubungan keruangan, (2) abnomalitas persepsi visual, (3) asosiasi visual–motor, (4) perseverasi (5) kesulitan mengenal dan memahami simbol, (6) gangguan penghayatan tubuh, (7) kesulitan dalam bahasa dan membaca, dan (8) performance IQ lebih rendah daripada skor Verbal IQ (D)
    50. Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan belajar yang sering muncul pada 
           siswa. Hal tersebut dapat teridentifikasi melalui pengerjaan soal ….
    • A.  4 + 3 = …..
    • B.  9 - 6 = …..
    • C.  8 - … = ….
    • D.  5 + 4 = ….
    Kesulitan belajar Matematika disebut juga diskalkulia (dyscalculis) Menurut Lerner dalam Mulyono, karakteristik kesulitan belajar Matematika meliputi: (1) gangguan dalam hubungan keruangan, (2) abnomalitas persepsi visual, (3) asosiasi visual–motor, (4) perseverasi, (5) kesulitan mengenal dan memahami simbol, (6) gangguan penghayatan tubuh, (7) kesulitan dalam bahasa dan membaca, dan (8) performance IQ lebih rendah daripada skor Verbal IQ Kesulitan belajar Matematika disebut juga diskalkulia (dyscalculis) . Menurut Lerner dalam Mulyono, terdapat beberapa kekeliruan umum yang sering dilakukan oleh anak berkesulitan belajar Matematika, yakni kekurangan pemahaman tentang: (1) simbol, (2) nilai tempat, (3) perhitungan, (4) penggunaan proses yang keliru, dan (5) tulisan yang tidak terbaca. 
    Contoh: kesulitan yang sering muncul pada siswa yang belum memahami simbol = , -, + akan mendapat kesulitan mengerjakan butir soal 8 - …. = …. atau … + 2 = 8 atau …. - 3 = 5, atau 7 + … = 10 (C)
    51. Himpunan bilangan cacah yang merupakan kelipatan 6 , antara 18 dan 60 adalah . . . .
    • A.  { 24, 30, 36, 42, 48, 54 }
    • B.  { 16, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60 }
    • C.  { 24, 30, 36, 48, 54 }
    • D.  { 24, 30, 42, 48, 54 }
    { 24, 30, 36, 42, 48, 54 }(A)
    52. FPB dari bilangan ,  120,  160 dan 200 adalah .... 
    • A.  40
    • B.  80
    • C.  60
    • D.  90
    FPB = 40 (A)
    53. Apa yang dimaksud dengan amendemen?
    • A.  Perubahan undang-undang atau penambahan terhadapnya.
    • B.  Pembatalan undang-undang.
    • C.  Pemberlakuan kembali undang-undang.
    • D.  Pembubaran anggota parlemen yang sedang menyusun undang-undang.
    Amandemen adalah perubahan undang-undang atau penambahan terhadapnya.(A)
    54. Binatang menyusui = . . . .
    • A.  aves
    • B.  reptilia
    • C.  mamalia
    • D.  dekapoda
    Binatang menyusui = mamalia(C)
    55. 580 - n = 108 + 460. n  = . . . .
    • A.  8
    • B.  12
    • C.  18
    • D.  22
    n = 580 - (108 + 460) = 580 - 568 = 12(B)
    56. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI 
          ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
    • A.  menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
    • B.  memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
    • C.  penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
    • D.  memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
    Karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik antara lain: mulai kehilangan gigi bayi, namun tumbuh gigi baru, memiliki dorongan dan energi secara eksplosif, mengulang kembali keterampilan-keterampilan secara tuntas, dan menyenangi olahraga secara kelompok. Jadi memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat, bukan merupakan karakteristik perkembangan aspek fisik anak usia SD.(D) 
    57. Lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan keuangan negara adalah . . . .
    • A.  Dewan Pertimbangan Agung
    • B.  Badan Audit Nasional
    • C.  Badan Pemeriksa Keuangan
    • D.  Mahkamah Agung
    Badan Pemeriksa Keuangan(C)
    58. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentuk sikap menyenangi atau tidak 
          menyenangi terhadap inovasi dikategorikan ...... 
    • A.  Tahap pengetahuan (kowledge)
    • B.  Tahap bujukan (persuasion)
    • C.  Tahap pengembalian keputusan (decision making)
    • D.  Tahap implementasi (implementation)
    Tahap bujukan (persuasion), tahap ini berlangsung ketika seseorang atau unit pengambil keputusan yang lain, mulai membentuk sikap menyenangi atau tidak menyenangi  terhadap inovasi (B)
    59. Batu apung digunakan untuk keperluan ....
    • A.  pengasah kayu supaya halus
    • B.  mengasah pisau agar tajam
    • C.  bahan pengeras jalan
    • D.  dinding dan lantai rumah
    Pengasah kayu supaya halus(A)
    60. Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
    • A.  mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
    • B.  melaksanakan hidup rukun di masyarakat
    • C.  mengenal lingkungan rumah dan sekolah
    • D.  mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
    Kompetensi awal adalah penguasaan kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari materi/topik/kompetensi tertentu. Jika hal tersebut tidak dilakukan akan menghambat penguasaan materi yang /topik/kompetensi dipelajari. Dalam pembelajaran PKn, khususnya kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah (D)
    61. KPK dan FPB dari 32, 48 dan 54 adalah ...
    • A.  864 dan 2
    • B.  918 dan 2
    • C.  864 dan 6
    • D.  918 dan 6
    KPK = 864 FPB = 2(A)
    Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
    Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya.  Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak.
    62. Bagaimana cara Sony meraih berbagai prestasi?
    • A.  Sony mewarisi kemahiran menulis dari ayahnya.
    • B.  Sony terus-menerus menulis tanpa mengenal waktu.
    • C.  Sony meminta dorongan semangat dari keluarganya.
    • D.  Sony berkemauan kuat dan tekun menulis.
    Sony berkemauan kuat dan tekun menulis.(D)
    63. Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap….
    • A.  penampilan
    • B.  pekerjaan
    • C.  sekolah
    • D.  status
    Menurut Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap pekerjaan di masa depan, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap penampilan, dsb. Dalam proses pembelajaran, Bahasa Indonesia ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai, berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik. Dengan demikian, bahan pelajaran yang menarik tersebut dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap sekolah. Minat anak terhadap sekolah secara positif cenderung mempengaruhi sikap dan minat anak terhadap sekolah. (C)
    64. Pembelajaran Kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu 
          disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah ….
    • A.  Membangkitkan minat siswa.
    • B.  Merangsang siswa lebih aktif belajar.
    • C.  Memberi kesempatan siswa berkreasi.
    • D.  Membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan.
    Pembelajaran kontekstual memiliki beberapa karakteristik diantaranya sebagai berikut: (1) melakukan hubungan yang bermakna, (2) melakukan kegiatan-kegiatan yang signifikan, (3) belajar  yang diatur sendiri, (4) bekerja sama, (5) berpikir kritis dan kreatif, (6) mengasuh dan memelihara pribadi siswa, (7) mencapai standar yang tinggi, dan (8) menggunakan penilaian autentik. Johnson, 2002 (Dalam Nurhadi, 2006).(B)
    65. Hewan berkaki sepuluh = . . . .
    • A.  aves
    • B.  reptilia
    • C.  mamalia
    • D.  dekapoda
    Hewan berkaki sepuluh = dekapoda(D)
    66. Sumbu simetri lipat pada segilima beraturan adalah ....
    • A.  4
    • B.  8
    • C.  5
    • D.  10
    Sumbu simetri lipat pada segilima beraturan = 5(C)
    67. Aspek positif perilaku konsumtif dibawah ini adalah
    • A.  mengurangi kesempatan menabung
    • B.  menambah lapangan kerja
    • C.  hidup boros
    • D.  berprilaku konsumtif
    Perilaku konsumtif ini bila dilihat dari sisi positif akan memberikan dampak:
    1. Membuka dan menambah lapangan pekerjaan, karena akan membutuhkan tenaga kerja 
        lebih banyak untuk memproduksi barang dalam jumlah besar.
    2. Meningkatkan motivasi konsumen untuk menambah jumlah penghasilan, karena 
        konsumen akan berusaha menambah penghasilan agar bisa membeli barang yang 
        diinginkan dalam jumlah dan jenis yang beraneka ragam.
    3. Menciptakan pasar bagi produsen, karena bertambahnya jumlah barang yang dikonsumsi 
        masyarakat maka produsen akan membuka pasar-pasar baru guna mempermudah 
        memberikan pelayanan kepada masyarakat.(B)
    Bila dilihat dari sisi negatifnya, maka perilaku konsumtif akan menimbulkan dampak:
    1. Pola hidup yang boros dan akan menimbulkan kecemburuan sosial, karena orang akan 
        membeli semua barang yang diinginkan tanpa memikirkan harga barang tersebut murah 
        atau mahal, barang tersebut diperlukan atau tidak, sehingga bagi orang yang tidak mampu 
        mereka tidak akan sanggup untuk mengikuti pola kehidupan yang seperti itu.
    2. Mengurangi kesempatan untuk menabung, karena orang akan lebih banyak 
        membelanjakan uangnya dibandingkan menyisihkan untuk ditabung.
    3. Cenderung tidak memikirkan kebutuhan yang akan datang, orang akan mengkonsumsi 
        lebih banyak barang pada saat sekarang tanpa berpikir kebutuhannya di masa datang.  
    68. Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya 
          kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
    • A.  suara
    • B.  kosakata
    • C.  artikulasi
    • D.  kelancaran
    Bahasa merupakan suatu system komunikasi yang terintegrasi mencakup bahasa ujaran (ekspresi bahasa dalam bentuk wicara), membaca, dan menulis. Wicara merupakan bentuk penyampaian bahasa dengan menggunakan organ wicara. Ada tiga komponen wicara, yaitu (1) artikulasi, (2) suara), dan (3) kelancaran. Adanya kerusakan pada organ wicara yang terkait dengan salah satu atau lebih komponen tersebut dapat menimbulkan kesulitan wicara. (B)
    69. Pada anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia berkelompok’. Pernyataan tersebut 
          menunjukkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….
    • A.  sosial
    • B.  moral
    • C.  intelektual
    • D.  emosional
    Hurlock, menyatakan bahwa karakteristik perkembangan aspek sosial anak usia SD, antara lain: anak berminat dalam kegiatan dengan teman sebaya, ingin menjadi bagian dari kelompok yang mengharapkan untuk dapat menyesuaikan diri dengan nilai dan perilaku, serta minat para anggota kelompok. Berdasarkan karakteristik perkembangan sosial tersebut, usia ini disebut juga ‘usia berkelompok’ (A)
    70. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
    • A.  Bujukan (persuasion)
    • B.  Konfirmasi (confirmation)
    • C.  Implementasi (implementation)
    • D.  Pengembalian keputusan (decision making)
    Model proses keputusan Inovasi
    Menurut Rogers, proses keputusan inovasi terdiri dari 5 tahap, antara lain :
    1) Tahap Pengetahuan (knowledge), tahap ini berlangsung, bila seseorang atau unit 
         pengambil keputusan yang lain, membuka diri terhadap adanya suatu inovasi serta ingin 
         mengetahui bagaimana fungsi inovasi tersebut.
    2) Tahap bujukan (persuasion), tahap ini berlangsung ketika seseorang atau unit pengambil 
         keputusan yang lain, mulai membentuk sikap menyenangi atau tidak menyenangi 
         terhadap inovasi
    3) Tahap keputusan (decision), tahap ini berlangsung ketika seseorag atau unit pengambil 
         keputusan yang lain, melakukan aktivitas yang mengarah kepenetapan untuk 
         memutuskan menerima atau menolak inovasi.
    4) Tahap implementasi (implementation), tahap ini berlangsung ketika seseorang atau unit 
         pengambil keputusan yang lain, menerapkan atau menggunakan inovasi.
    5) Tahap konfirmasi (Confirmation), tahap ini berlangsung ketika seseorang atau unit 
         pengambil keputusan yang lain, mencari pengetahuan terhadap keputusan inovasi yang 
         telah dibuatnya. Pengambil keputusan dapat menarik kembali keputusannya jika 
         ternyata diperoleh informasi tentang inovasi yang bertentangan dengan informasi yang 
         diterima terdahulu.
    71. Mengingat acara tesebut sangat penting, kami harap Bapak/Ibu datang tepat pada 
          waktunya. Isi penggalan surat undangan tersebut tepat untuk acara ...
    • A.  adat
    • B.  syukuran
    • C.  rapat
    • D.  khitanan
    Isi penggalan surat undangan tersebut tepat untuk acara rapat.(C)
    72. Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi 
         dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara tetangga’, adalah ….
    • A.  mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
    • B.  mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
    • C.  mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
    • D.  mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika
    Kompetensi prasyarat adalah kemampuan awal yang harus dimiliki  Penjelasan siswa sebelum mempelajari materi/topik/kompetensi tertentu. Jika hal tersebut tidak dilakukan akan menghambat penguasaan materi yang /topik/kompetensi dipelajari. Dalam pembelajaran IPS SD: ‘‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara tetangga’, maka kemampuan awal/prasyarat yang perlu dimiliki siswa adalah mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia. (A)

    73. Bagian Tanah pada gambar dibawah ini  yang banyak mengandung 
          humus adalah ....
    • A.  bagian E
    • B.  bagian F
    • C.  bagian G
    • D.  bagian H
    Bagian E
    74. Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik  
          perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah....
    • A.  mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
    • B.  berperan serta dalam permainan logika
    • C.  menyukai teman sebaya lawan jenis
    • D.  dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
    Karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial antara lain: mulai dapat bekerja sama dalam kelompok, memiliki keasyikan sendiri, dapat beradu argumentasi, dan menyukai teman sebaya sesama jenis. Jadi, mulai menyukai teman sebaya sesama jenis, berperan serta dalam permainan logika, dan menyukai teman sebaya lawan jenis bukan merupakan karakteristik perkembangan peserta didik usia SD. (A)
    75. Hasil dari ( –16 x 3 ) + (–20 : 5 ) adalah ....
    • A.  - 52
    • B.  - 44
    • C.  44
    • D.  52
     ( –16 x 3 ) + (–20 : 5 ) = -48 + (-4) = -52(A)
    Bacalah laporan hasil pengamatan berikut!
    Objek pengamatan: Kerbau
    Tempat  : Di kandang kerbau Pak Sanif, Desa Mekarwangi
    Waktu   : Pukul 14.00−15.30
    Tanggal 21 Januari 2006
    Hasil-hasil Pengamatan
    Gerakan kerbau sangat lamban. Namun, hewan ini adalah pekerja yang ulet. Ia sanggup bekerja seharian penuh membajak sawah. Kerbau merupakan binatang kandang yang terbesar. Ia punya tanduk panjang dan kuku yang kuat. Namun, ia tidak galak. Ia senang bersahabat kepada seorang bocah sekalipun. Kerbau juga sangat setia kepada majikannya. Jarang sekali ia mengamuk ataupun berontak. Kerbau biasa hidup tertib. Ia pun tidak senang mengembara jauh dari kandangnya. Karena itu, para penggembalanya dapat asyik tidur-tiduran tanpa rasa takut kehilangan.
    (Dikutip dari Intisari Bahasa Indonesia, Penerbit Pustaka Setia)
    76. Topik laporan hasil pengamatan tersebut adalah ….
    • A.  makanan kesukaan kerbau
    • B.  ukuran tubuh kerbau
    • C.  tingkah laku kerbau
    • D.  tugas-tugas kerbau
    Topik = tingkah laku kerbau (C)
    77. Salah satu nilai juang yang dapat diteladani dari para perumus Pancasila adalah 
          musyawarah. Apa yang dimaksud dengan musyawarah?
    • A.  Menghargai pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan dengan pendapat sendiri.
    • B.  Pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan untuk menyelesaikan masalah.
    • C.  Meninggalkan pendapat sendiri demi mengharapkan pujian dari orang yang berbeda pendapat.
    • D.  Berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan pendapat yang diyakini kebenarannya.
    Musyawarah adalah pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan untuk menyelesaikan masalah.(B)
    78. Bentuk persen dari 2/5 adalah .........
    • A.  50%
    • B.  10%
    • C.  40%
    • D.  20%
    2/5 = 40%(C)

    79. Salah satu sifat air yang ditunjukkan gambar di 
         samping ini adalah …
    • A.  permukaan yang tenang selalu mendatar
    • B.  bentuknya sesuai dengan wadanya
    • C.  dapat meresap melalui celah-celah kecil
    • D.  memberikan tekanan di semua arah
    Permukaan yang tenang selalu mendatar(A)
    80. Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat 
          teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap ….
    • A.  masalah sosial
    • B.  bidang olahraga
    • C.  tubuh manusia
    • D.  kesehatan manusia
    Menurut Hurlock minat anak usia SD antara lain terdiri atas: minat terhadap tubuh, minat terhadap kesehatan tubuh, minat terhadap sekolah, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap penampilan, minat terhadap masalah sosial, dsb. Dalam pembelajaran mata pelajaran PKn merupakan salah satu cara guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap masalah sosial. Substansi kajian dalam mata pelajaran PKn sangat berhubungan dengan minat-minat siswa terhadap masalah sosial, bukan bidang olahraga, atau kesehatan/tubuh manusia. (A)
    81. Mengapa butir pertama dalam Piagam Jakarta diubah?
    • A.  Demi menuruti keinginan Ketua BPUPKI.
    • B.  Demi memenuhi keinginan Mohammad Hatta.
    • C.  Demi menjaga hubungan baik dengan pemerintah Jepang.
    • D.  Demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang baru saja dirintis.
    Butir pertama piagam Jakarta diubah demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang baru saja dirintis.(D)
    82. Sekitar tahun 600 masehi, di pulau sumatra terdapat kerajaan...
    • A.  sriwijaya
    • B.  majapahit
    • C.  samudra pasai
    • D.  Demak
    Sekitar tahun 600 masehi, di pulau sumatra terdapat kerajaan Sriwijaya(A)
    83. Luas segitiga 60 cm2 , dan tingginya 24 cm. Alas segitiga adalah . . . .
    • A.  4 cm
    • B.  5 cm
    • C.  6 cm
    • D.  8 cm
    Alas = Luas : tinggi  x 2 = 60 : 24 x 2 = 2,5 x 2 = 5 cm (B)
    84. Dalam menjalankan tugasnya, presiden dibantu oleh wakil presiden dan para menteri. 
          Siapakah yang menentukan dan memilih para menteri?
    • A.  Rakyat
    • B.  MPR.
    • C.  DPR.
    • D.  Presiden.
    Yang menentukan dan memilih menteri adalah presiden(D)
    Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
    Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak.
    85. Kesimpulan isi bacaan tersebut adalah …
    • A.  Setiap orang memiliki bakat terpendam yang hebat.
    • B.  Prestasi dapat diraih melalui perjuangan, ketekunan, dan kemauan kuat.
    • C.  Dorongan orang tua sangat penting agar anak menjadi pintar.
    • D.  Kebahagiaan bisa dicapai dengan tekun menulis cerita.
    Prestasi dapat diraih melalui perjuangan, ketekunan, dan kemauan kuat.(B)
    86. Nyamuk, belalang dan lebah = . . . .
    • A.  aves
    • B.  reptilia
    • C.  mamalia
    • D.  serangga
    Nyamuk, belalang dan lebah termasuk serangga(D)
    87. Berikut ini yang termasuk cara perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan 
          yaitu . . . .
    • A.  rhizoma
    • B.  geragih
    • C.  stolon
    • D.  mengenten
    Yang termasuk vegetatif buatan adalah mengenten(D) Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang ratu,  bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya lahir cacat.  Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya.
    Kemarau terus melanda Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya hujan. Kerajaan Linggar kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan Linggar terkena hukuman karena keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran Seto yang menebang pohon di hutan Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat tak ada yang berani melaporkan keserakahan kedua pangeran kembar itu. Semua orang takut karena keduanya putra kesayangan ratu.
    (Dikutip dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai)
    88. Kata 'menebang' berasal dari kata .............
    • A.  nebang
    • B.  tebang
    • C.  metebang
    • D.  tebangan
    menebang = me + tebang (A)
    • A.  13
    • B.  23
    • C.  27
    • D.  37
    n = 15 + 12 = 27(C)
    90 Ayam, merak dan burung = . . . .
    • A.  aves
    • B.  reptilia
    • C.  mamalia
    • D.  dekapoda
    Ayam, merak dan burung termasuk golongan aves(A)
    91. Panjang sebuah kawat tembaga 56 cm dan panjang sebatang kawat besi 104 cm. Jika kedua kawat itu harus dipotong sama panjang dengan panjang maksimum, dari kedua kawat itu akan diperoleh
    • A.   8 batang kawat tembaga dan 8 kawat besi
    • B.   7 batang kawat tembaga dan 13 kawat besi
    • C.   13 batang kawat tembaga dan 13 kawat besi
    • D.   14 batang kawat tembaga dan 26 kawat besi
    56 : 8 = 7, 104 : 8 = 13(B)
    92. Jumlah bilangan prima dari bilangan antara 25 s/d 50 adalah …
    • A.  71
    • B.  72
    • C.  156
    • D.  228
    29 + 31 + 37 + 41+ 43 + 47 = 228 (D)
    93. Batu bara dapat digunakan sebagai bahan pembuat …
    • A.  aspal dan lem
    • B.  solar dan pelumas
    • C.  nilon dan kokas
    • D.  oil dan solar
    Batubara dapat dibuat nilon dan kokas(C)
    94. Kerajaan Tarumanegara berdiri pada tahun...
    • A.  1971
    • B.  680 SM
    • C.  450 M
    • D.  420 SM
    450 M (C)
    Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang ratu,  bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya lahir cacat.  Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya.
    Kemarau terus melanda Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya hujan. Kerajaan Linggar kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan Linggar terkena hukuman karena keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran Seto yang menebang pohon di hutan Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat tak ada yang berani melaporkan keserakahan kedua pangeran kembar itu. Semua orang takut karena keduanya putra kesayangan ratu.
    (Dikutip dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai)
    95. Amanat yang dapat kita petik dari cerita tersebut adalah …
    • A.  Kita tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
    • B.  Kita tidak boleh memamerkan kekurangan kita.
    • C.  Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
    • D.  Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
    Kita tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki (A)
    96. Binatang bersel satu = . . . .
    • A.  aves
    • B.  reptilia
    • C.  mamalia
    • D.  amuba
    Binatang bersel satu adalah amuba(D)
    97. Menurut bentuknya, magnet buatan diberi nama - nama sebagai berikut, kecuali . . . .
    • A.  magnet U
    • B.  magnet batang
    • C.  magnet tesla
    • D.  magnet ladam
    Yang bukan bentuk magnet adalah magnet tesla(C) Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang ratu,  bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya lahir cacat.  Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya.
    Kemarau terus melanda Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya hujan. Kerajaan Linggar kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan Linggar terkena hukuman karena keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran Seto yang menebang pohon di hutan Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat tak ada yang berani melaporkan keserakahan kedua pangeran kembar itu. Semua orang takut karena keduanya putra kesayangan ratu.
    (Dikutip dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai)
    98. Berdasarkan kutipan dongeng tersebut, perbedaan watak Pangeran Seta dan Pangeran 
           Rasi adalah ......
    • A.  Pangeran Seta bersifat bijaksana, sedangkan Pangeran Rasi rendah hati.
    • B.  Pangeran Seta bersifat serakah, sedangkan Pangeran Rasi baik hati.
    • C.  Pangeran Seta bersifat kasar, sedangkan Pangeran Rasi santun.
    • D.  Pangeran Seta bersifat dermawan, sedangkan Pangeran Rasi serakah.
    Pangeran Seta bersifat serakah, sedangkan Pangeran Rasi baik hati.(B)
    99. Candi di bawah adalah peninggalan dari kerajaan...
    • A.  Budha
    • B.  Kristen
    • C.  Hindu
    • D.  Islam
    Candi Borobudur merupakan peninggalan agama Budha(A)
    100. DPR bekerja sama dengan presiden untuk menyusun undang-undang. Menyusun 
          undang-undang merupakan perwujudan dari fungsi . . . .
    • A.  yudikasi
    • B.  anggaran
    • C.  legislasi
    • D.  eksekusi
    Menyusun Undang-undang adalah fungsi legeslasi DPR(C)
    Powered by Blogger.